jump to navigation

Sun Rilis Software MySQL 5.4 April 29, 2009

Posted by dewsnet in IT News.
trackback

foto berita artikel 

Walaupun masih berkutat dengan database dan aplikasi yang masih morat marit diakrenakan perusahaan Oracle membeli Sun Microsystem beberapa waktu lalu, namun preview database relational MySQL 5.4 masih bisa diluncurkan di minggu ini dalam acara MySQL Conference & Expo, di Santa Clara. Padahal sebelumnya Sun baru saja merilis MySQL 5.1 di bulan Desember 2008 lalu, namun software MySQL 5.4 jauh memiliki peningkatan yang besar.

Software MySQL 5.4 ini memiliki skala yang besar sehingga dapat berkompetisi dengan alternative lain, seperti Oracle 11g, DB2, SQL Server, Sybase, dan Informix. Sementara MySQL adalahs salah satu database yang terpopuler dalam sejarah komputer atau lebih tepatnya telah di-download lebih dari 100 juta orang, maka hasil dari semua transaksi masuk ke dalam kantong data corporate Sun dan MySQL, dengan perkiraan $133 juta miliar dalam enam bulan pertama fiscal Sun yang berakhir di bulan Desember.

Sun mengungkapkan bahwa software MySQL 5.4 ini akan memiliki skala 16 core yang dapat melakukan multitasking secara bersamaan, dan skala 64 core untuk server Sparc. Sementara dalam MySQL 5.1 yang menggunakan engine penyimpanan InnoDB, MySQL hanya dapat menggunakan 4 core. Menurut Robin Schumacher, direktur manajemen produk MySQL di Sun, mengatakan bahwa testing internal benchmark menunjukkan MySQL 5.4 memiliki skor 59 persen lebih baik daripada mesin x64, dan 71 persen lebih baik daripada mesin Niagara. Untuk waktu response juga semakin bertambah hingga 90 persen.

Software MySQL 5.4 memiliki fitur join database di dalam main memory dan optimasi lainnya yang membuat software ini berjalan dengan cepat. Sun juga melakukan improvisasi penggunaan tool monitoring system, DTrace ketika menggunakan MySQL 5.4 di system Solaris 10. Software MySQL 5.4 juga dilengkapi dengan fitur store procedure yang pernah hilang sebelumnya.

Peluncuran software MySQL 5.4, ini untuk sekarang hanya dapat kompatibel dengan system Linux atau Solaris 10. Namun, dalam tahun mendatang, jika Oracle tidak menguvah jadwal, maka software MySQL 5.4 ini dapat berjalan di system Red Hat Enterprise Linux, Novell SUSE Linux Enterprise, Canonical Ubuntu, Microsoft Windows, Apple Mac OS X, FreeBSD Unix, IBM AIX, dan sebagainya

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: