jump to navigation

Rencana Mozilla di Firefox 3.6 Namoroka April 19, 2009

Posted by dewsnet in IT News.
trackback
Ada yang unik dari pemberian nama kode untuk setiap rilis dari browser Firefox, sudah menjadi tradisi pihak Mozilla untuk memberikan nama kode Firefox berdasarkan nama taman nasional yang ada di dunia. Setelah nama Shiretoko dipilih untuk versi 3.5 yang merupakan nama sebuah taman nasional di Hokkaido Jepang, pengembangan selanjutnya dari Firefox mengambil nama taman nasional yang berlokasi di Madagaskar, yaitu Namoroka.

Pemberian nomor versi 3.6 untuk versi selanjutnya dari Firefox masih bersifat sementara apalagi daftar fitur dan peningkatan yang direncanakan cukup banyak. Seperti halnya di rangkaian rencana pengembangan sebelumnya, tujuan dan fitur disusun berdasarkan prioritas. Berdasarkan srtikel yang dikirim oleh Mike Beltzner, direktur produk dari Firefox, inilah beberapa diantaranya.

Prioritas utama:

  • Performa: browser akan mendapatkan waktu startup dan membuka tab dengan lebih cepat (mengurangi waktu paling sedikit 50ms), dan peningkatan dari segi responsifitas secara keseluruhan dengan menambahkan efek animasi untuk tiap aksi, seperti membuat dan memindahkan tab, membuat bookmark, dan lain-lain. Chrome (dan Mac OS X sebelumnya) sudah membuktikan bagaimana efek animasi dapat membuat perbedaan sehingga browser terasa lebih cepat, dan sepertinya akan segera diimplementasikan di Firefox 3.5, yang sebentar lagi akan meluncur. Pihak Mozilla juga berencana untuk memasukkan efek animasi di XUL (XML User Interface Language) di level platform, jadi tidak hanya Firefox tapi semua aplikasi berbasis XUL (Thunderbird, SeaMonkey, Flock, Songbird, dan lainnya) akan mendapatkan keuntungan darinya.
  • Fitur yang sudah lama dinanti: tema dan ekstensi akan langsung aktif tanpa perlu merestart browser juga masuk dalam rencana rilis kali ini. Tapi, tidak berlaku untuk semua add-ons, hanya tema dan ekstensi ringan/ sederhana yang tidak menggunakan chrome ataupun komponan lintas platform (XPCOM).
  • Antar muka yang lebih baik untuk mengunggah file. Memudahkan Anda dalam mengunggah file, cukup dengan melakukan drag & drop satu atau lebih file ke kotak unggah di situs tanpa perlu mengklik tombol Browse. Fitur ini sudah bisa Anda cicipi melalui add-ons Dragdropupload
  • Menyatukan pengaturan spesifik untuk situs umum dengan tombol situs.
  • Menambahkan piihan untuk mengkonversi aplikasi web menjadi aplikasi desktop, yang berarti membawa salah satu add-ons dari Mozilla Lab, yaitu Prism ke dalam Firefox.

    Firefox Prism.jpg

  • Dukungan untuk Superbar: Penggunaan Aero Glass untuk toolbar Firefox sehingga mendaptkan efek transparan untuk pengguna Windwos Vista dan 7. Aero Peek juga akan didukung Firefox, yaitu kemampuan untuk dapat menampilkan thumbnail dari tiap tab di browser khusus di Windows 7.

    Firefox Aeropeek.jpg

Prioritas kedua:

  • Manajeman sesi: kemampuan untuk menyimpan satu set tab dan keadaannya saat itu jadi Anda bisa membukanya kembali sesuai keinginan.
  • Menambahkan kemampuan manajemen file pada download manager (move, copy, delete)
  • Taskfox: Sebuah proyek yang diperkenalkan dua minggu yang lalu yang bertujuan untuk mengantarkan kemampuan perintah baris dari Ubiquity untuk melakukan tugas-tugas umum ke kode utama Firefox.
  • New Tab: Halaman tab baru tidak alagi kosong, tapi akan ditambahkan beragam fitur berguna, seperti daftar situs yang sering dikunjungi, tab yang baru ditutup, kotak pencarian, dan lain sebagainya.

    Firefox New Tab.jpg

  • Halaman about:me: Halaman yang akan ditampilkan statistik dasar mengenai perilaku browsing yang ada di histori Anda. Fitur ini juga akan disertakan di Firefox 3.5.
  • Manajemen Identitas: belum ada detil jelas mengenai apa yang akan diimplementasikan, tapi CardSpace dan OpenID keduanya sudah lama masuk daftar fitur di Firefox 3 dua tahun yang lalu.
  • Fitur di Mac OS X: Spell checker (pemeriksa ejaan), Keychain (pengelolaan password global), dan dukungan AppleScript (bahasa macro) juga akan dimasukkan tetapi saat ini belum menjadi prioritas. Pengguna browser Camino (browser khusus Mac OS berbasis mesin render Gecko) telah lama merasakan fitur tersebut jadi rasanya akan mudah jika memindahkan beberapa kode ke Firefox.

Pihak Mozilla memperkirakan pelaksanaan pengerjaan versi ini memakan waktu sekitar 10 bulan, jadi kita bisa berharap Namoroka akan selesai pada bulan Mei 2010.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: